DONASIKAN UANG ANDA ke BCA KCU Asemka, AC. 001.302.2400 a/n. GEREJA BETHEL INDONESIA atau CIMB NIAGA Kebon Sirih, AC. 170.01.00355.00.5 a/n. GEREJA BETHEL INDONESIA dan Sukseskan SIDANG SINODE GBI XV

HUT GBI ke - 44

melianus-smd6dkiShalom…

Hari ini 6 Oktober 2014, GBI memasuki usia ke 44 tahun, walaupun tergolong sebuah organisasi gereja terrmuda di Indonesia dan dunia namun usia ini sudah tergolong dewasa. Di HUT yang ke 44 ini saya perlu sampaikan beberapa pesan kepada semua hamba Tuhan dan anggota jemaat GBI di mana saja saudara berada dan sejauh berita ini dapat saudara lihat/baca sebagai berikut :

  1. Kita harus terus bersyukur karena oleh anugerah Tuhan saja maka GBI dapat bertumbuh dan berkembang serta dapat menjadi berkat bagi bangsa bangsa di dunia
  2. Mari kita semua terus menjaga dan memelihara kekeluargaan yang sudah terbangun dengan harmonis selama ini.
  3. Mari kita semua terus bersama sama melaksanakan tugas misi Kristus sampai keujung bumi sebagai wujud ketaatan kita kepada Amanat Agung Kristus bagi GerejaNya.

Selamat bersyukur atas Hari Jadi Gereja Bethel Indonesia yang ke 44 tahun, Tuhan memberkati semua rekan hamba Tuhan dan warga GBI di seluruh pelosok tanah air dan dunia

Pdt. M. Ferry H Kakiay, M.Th

Sekum BPH GBI

Metode mengajar Sekolah Minggu yang kreatif

Seminar / Pelatihan Guru Sekolah Minggu (11-12 Juli 2011) & KKR Anak (13 Juli 2011)

В 

Foto: GraciaManado, Juli 2011. Perkembangan dan kemajuan informasi dan teknologi saat ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan anak-anak baik secara mental maupun kerohanian mereka. Pengurus Daerah DPA GBI Sulut Gorontalo melihat perlunya memperlengkapi setiap Guru-guru Sekolah Minggu dengan metode-metode mengajar terkini yang bersifat aktif, kreatif dan inovatif sehingga gereja khususnya pelayanan anak dapat menjawab tantangan yang ada. Untuk itu PD DPA GBI Biro Anak mengadakan Seminar dan Pelatihan GSM pada tanggal 11-12 Juli 2011 yang bertempat di GBI Pumorouw, dan KKR Anak pada tanggal 13 Juli 2011 di tempat yang sama.

В 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Pengurus Daerah DPA GBI SulutGo Pdp. Nico Carlo Paath. Beliau menyampaikan bahwa Pelayanan Anak justru sangat penting bagi masa depan gereja dan bangsa, oleh karena mereka adalah generasi-generasi pemimpin. Makanya penting disadari oleh setiap peserta untuk mengikuti sungguh-sungguh setiap materi seminar dan pelatihan tersebut.

В 

Seminar dan Pelatihan GSM diadakan selama 2 hari ini dimulai pukul 09.00 s/d 17.00 WITA, diikuti oleh + 30 GSM GBI lokal yang tersebar di daerah Sulut Gorontalo, yaitu Manado, Bitung, Langowan dan Minahasa Selatan. Juga dihadiri oleh GSM dari denominasi lain di luar GBI dan beberapa mahasiswa STPB (Sekolah Teologi Praktika Bethel) Pineleng. Pembawa Materi yang diundang oleh PD berasal dari STTBI Jakarta. Materi-materi yang dibawakan antara lain : Mengenal Temperamen (Oktafianus Situmorang, S.Th); Metode mengajar Sekolah Minggu yang kreatif dengan Pantomim, Balooning, Mini Castle (Richard Manawan, S.Th); Gereja Anak (Nehemia Wimpi); dan Manajemen Sekolah Minggu (Donny Chandra, S.Th, MA). Setiap materi diikuti dengan baik oleh setiap kakak-kakak GSM, lewat audio visual yang ditampilkan, tes temperamen, praktek kreatif dengan balon, cara berpantomim, serta pelatihan lain yang membuat kakak-kakak bersemangat.

В 

Pada Tanggal 13 Juli 2011, diadakan KKR anak yang dimulai semenjak pagi hari dengan lomba-lomba, seperti Lomba CCA, Mewarnai, Menggambar, dan Bercerita GSM. Lomba CCA untuk kategori anak berusia 6-12 tahun utusan GBI lokal dengan materi dari Kitab Injil (Matius, Markus, Lukas, Yohanes), pemenangnya adalah juara I : ABI Anugerah Jl. Martadinata ; juara II : ABI City Worship; juara III: ABI Santiago Tuminting. Lomba Menggambar dimenangkan oleh Adik Regina Tanonggi, sedangkan Lomba Bercerita GSM dijuarai oleh Kakak Marchelin Mangalo dari GBI Pniel.

В 

Foto: GraciaPada sore harinya, + 100 anak mengikuti Ibadah Praise & Worship. Dalam ibadah PW tersebut kakak-kakak dari STTBI Jakarta yang telah membawakan materi seminar, menampilkan pantomim sebagai bentuk pesan Firman Tuhan dengan tema “Jesus is My Hero” (Yohanes 10:10). Pantomim ini diperankan oleh Kak Ichad (Sahabat 1), Kak Wimpi (Sahabat 2), Kak Zakharia (Iblis), dan Kak Donny (Narator) menceritakan tentang 2 sahabat yang awalnya bersahabat dekat tapi berpisah karena sahabat 1 membiarkan dirinya tergoda Iblis untuk mengambil dompet yang bukan miliknya. Akhirnya, sahabat 1 bisa dibebaskan dari jerat dosa sang Iblis lewat doa sahabat 2 kepada Tuhan Yesus. Penampilan pantomim ini sangat menarik perhatian anak-anak yang antusias dan semangat mengikuti Lomba dan Praise & Worship dari pagi hari.

В 

Kegiatan Biro Anak DPA GBI SulutGo selama 3 hari, ditutup oleh BPD GBI SulutGo, dalam hal ini oleh Pdt. Philipus Yuwono, S.Th (Sekretaris BPD GBI SulutGo & Gembala Sidang GBI Anugerah Jl. Martadinata Manado). Beliau mengatakan bahwa anak-anak adalah asset luar biasa yang harus kita bawa bagi Tuhan, seperti tertulis dalam Matius 18:6 “Tetapi barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini yang percaya kepada-Ku, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia ditenggelamkan ke dalam laut.” Oleh karena itu sebagai GSM dan orang tua, kita bertanggung jawab mengajarkan kebenaran firman Tuhan dari sejak dini.

В 

Panitia kegiatan ini diketuai oleh Vicky Palk, S.Th. Diharapkan lewat kegiatan ini, terjadi kegerakan dalam pelayanan khususnya pelayanan dalam bidang anak, karena anak merupakan investasi gereja dan bangsa untuk masa depan dan pelayanan anak menentukan gambaran gereja dan bangsa 20 tahun ke depan. (Gracia /by Email)